Rabu, 25 November 2009


Koperasi Sekolah SMP Puspanegara


Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah dan anggotanya tediri dari siswa-siswi dan guru sekolah tersebut. Biasanya koperasi sekolah didirikan diberbagai tingkatan sesuai jenjang pendidikan seperti TK,SD,SMP,SMA dan sebagainya. Salah satu contoh koperasi sekolah adalah koperasi sekolah yang berada di Sekolah Menengah Pertama ketika saya bersekolah dulu yaitu koperasi SMP Puspanegara. Koperasi ini berdiri pada tahun 1996. Koperasi sekolah saya terletak disebelah Aula, di pojok sekolah. Kegiatan dari koperasi SMP Puspa egara ini adalah memperjual belikan kebutuhan-kebutuhan sekolah seperti alat-alat tulis, seragam sekolah serta minuman dan makanan ringan.

Tujuan dari didirikannya koperasi sekolah adalah untuk mensejahterakan seluruh anggota koperasi dan menanamkan rasa cinta kepada koperasi sejak dini. Beberapa manfaat dari koperasi sekolah yang saya rasakan adalah :

1. Membantu memenuhi kebutuhan sekolah dari siswa-siswi sekolah tersebut.

2. Sebagai wadah pembelajaran dalam mengelola suatu usaha kecil

3. Sebagai sarana bersosialisasi dengan banyak orang

Sebagai anggota dari koperasi sekolah, saya merasakan koperasi memudahkan saya dalam mencari kebutuhan sekolah yang saya butuhkan. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh koperasi sekolah SMP Puspanegara adalah harga dari setiap barang yang diperjual-belikan disana sangat terjangkau sehingga cocok dengan kantong pelajar dan barang-barang yang diperjual-belikan pun cukup lengkap sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan kebutuhan sekolah yang kita perlukan. Sayangnya dibalik semua kelebihan itu, koperasi sekolahku juga memiliki kekurangan seperti tempatnya yang terlalu kecil, stok barang yang terbatas, letak yang kurang strategis dan kurangnya perhatian terhadap koperasi itu.

Menurut saya koperasi SMP Puspanegara bisa dibilang cukup baik. Walaupun masih ada kekurangan yang dimiliki tapi bila kekurangan itu diperbaiki saya rasa koperasi sekolah itu bisa menjadi semakin bagus. Dan apabila guru dan siswa sekolah dapat bekerja sama untuk lebih memperhatikan koperasi sekolah tentunya akan sangat baik untuk menunjang kemajuan dari koperasi tersebut. Inilah sekilas cerita tentang penglaman saya menjadi anggota koperasi SMP Puspanegara. Semoga pengalaman saya ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Saya mohon maaf apabila dalam penulisan ini masih jauh dari sempurna karena ini juga adalah pengalaman baru saya dalam menulis di blog. Untuk itu saya mengharapkan banyak masukan yang dapat membangun saya untuk jadi lebih baik. Sampai jumpa lagii,,



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates