Rabu, 25 November 2009


Sejarah Perkembangan Koperasi Indonesia

Sejarah Perkembangan Koperasi Di Indonesia

Pada tahun 1895 koperasi Indonesia pertama kali didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Ngabei Aria Wiriaatmadja. Beliau mendirikan koperasi kredit dengan tujuan untuk membantu rekan sejawatnya dan rakyatnya dari para penagih hutang. Pada awal berdirinya koperasi banyak mendapat halangan dari Belanda yang khawatir jika koperasi dijadikan sebagai pusat perlawanan. Koperasi lahir sebagai usaha memperbaiki ekonomi masyarakat yang tertindas oleh penjajahan pada zaman Belanda.

Koperasi berkembang dari waktu ke waktu dan mengalami pasang surutnya sampai pada tanggal 12 Juli 1947 diselenggarakan Kongres Gerakan Koperasi Sejawa untuk pertama kalinya di Tasikmalaya. Hari ini kemudian diperingati sebagai Hari Koperasi Indonesia.

Dari situ koperasi mulai berkembang pesat sampai ke tingkat desa. Melalui Koperasi Unit Desa (KUD), masyarakat pedesaan mendapatkan berbagai bantuan untuk memajukan usahanya. Sehingga KUD ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa setempat.

Setelah masa reformasi dan era otonomi daerah perhatian terhadap koperasi manjadi semakin berkurang. Terjadi banyak perubahan terhadap struktur pada koperasi yang mengakibatkan KUD banyak yang ditutup. Lalu KUD yang tadinya berfungsi baik berubah menjadi ladang untuk korupsi. Koperasi mengalami banyak kesulitan seperti tidak ada modal cukup yang diberikan dan sulitnya memperoleh kredit kelayakan usaha dari Bank Pemerintah.

Setelah akhir reformasi tidak ada perubahan yang berarti bagi koperasi. Pemerintah tidak mendukung kemajuan dari koperasi ini yang seharusnya dapat berjalan dengan baik. Pemerintah hanya mengucurkan dananya hanya untuk usaha yang bergerak dalam skala besar dan usaha yang bergerak dalam skala kecil seperti koperasi hanya dianaktirikan.

Sampai pada sekarang koperasi hanya dapat bertahan dari segala hambatan yang ada tapi koperasi tidak dapat memperluas usahanya, malah sebagian harus ditutup karena tidak dapat bertahan.

Untuk lebih jelasnya silahkan buka link di bawah ini :

http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates